Asiknya Bahasa Jawa

Kuliah hari pertama, akhirnya kami duduk melingkar di studio. Berkelompok, alhamdulillah dapet kelompok seru *semogaaa*. Terjadi obrolan unik antara aku, temanku dari Klaten, dan seorang lagi dari ImageBangka. Seperti biasa, yang bukan orang Jawa selalu jadi bahan bullying bahasa. Nah temenku yang dari Bangka itu sengaja mukul temenku yang dari Klaten pakai pulpen. Dengan entengnya si Jati nyeletuk,”Eh, nek dekok piye lho, Nof?” Nofa yang asli Bangka cuma mlongo ketika ditanya apa bahasa yang pas buat mewakili kata dekok.

Haha, asik ya ternyata bahasa Jawa jauh lebih kaya dibanding bahasa lainnya. Belum lagi kalau sudah menyangkut bahasa krama, ditambah pula Jawa kawinya. Wiih, bisa beneran mlongo ketika mendengar dan membaca teksnya. Semacam mau ujian atur pambiworo aja, zaman SMP dan SMA dulu.Coba deh lihat gambar disebelah, setidaknya disitu udah ada contoh riil tajirnya kosakata bahasa Jawa.

Sayang deh ketika banyak anak muda zaman sekarang, dan parahnya aku juga salah satu diantaranya, yang mulai lupa bahkan tak lagi kenal dengan bahasa Jawa. Beruntunglah aku yang terlahir di tengah-tengah orang Jawa asli yang masih sering berbahasa Jawa krama kalau ngobrol sama tetangga dan orang yang lebih tua. Sering malah aku, kakak, adik, atau ibuku saling ejek ketika mengobrol dengan bahasa Indonesia. Wong Jowo tentunya lebih asik dan natural kalau ngobrolnya pakai bahasa ibu, hehe. 

Dulunya, sempat deh terserang cultural shock ketika pertama kali masuk SMP dan ketemu dengan orang-orang ‘kota’. Secara kan ya aku dari pinggiran dan baru sekali itu sehari-harinya ketemu dan ngobrol dengan bahasa Indonesia. Medhok banget pas ngobrol dan agak kagok. Yah, di rumah aja masih pake kromo alus, ke temen pake ngoko, dan tiba-tiba harus adaptasi dengan bahasa pemersatu bangsa *halah. Begitu ada pelajaran bahasa Jawa gantian temen-temenku yang kagok. Dan berubah gayeng wal ngeri ketika ada anak pindahan yang jadi korban tipu-tipu bahasa.

Yah, begitulah. Cukuplah curhatan nggak penting ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s